Diklaim Bikin Gemuk dan Diabetes, Begini Cara Sehat Makan Nasi

Diklaim Bikin Gemuk dan Diabetes, Begini Cara Sehat Makan Nasi

Nasi adalah makanan sehari-hari orang Indonesia. Sayangnya, nasi juga sering diklaim sebagai penyebab penyakit berbahaya, seperti diabetes dan obesitas. Padahal, Nasi adalah sumber karbohidrat yang kaya, sumber bahan bakar utama tubuh. Karbohidrat dapat membuat Anda tetap berenergi dan kenyang. Nasi putih juga sumber folat yang baik. Singkatnya, Dengan kata lain, nasi adalah makanan pokok sehat yang menawarkan banyak nutrisi. Meski sering diklaim sebagai penyebab naiknya berat badan, hingga saat ini belum ada penelitian yang secara spesifik membuktikan bahwa nasi bisa memicu kegemukan. Sebaliknya, nasi dapat dikonsumsi dengan aman sebagai bagian dari diet seimbang.


Meski begitu, kelebihan kalori dari makanan apa pun — termasuk nasi — akan menyebabkan penambahan berat badan. Meski ada beberapa jenis nasi, khususnya nasi putih, diklaim tinggi kandungan gulanya sehingga berbahaya bagi penderita diabetes, makanan pokok ini tetap aman di konsumsi. Hal yang perlu kita perhatikan adalah porsi yang kita makan dan bagaimanan cara mengolahnya. Kita juga bisa memadukan nasi dengan bahan makanan lain yang lebih bergizi.


Tips sehat makan nasi Jika Anda ingin makan nasi putih namun tetap sehat dan langsing, berikut tips yang bisa Anda terapkan:


Kontrol porsi


Nasi adalah makanan sehat namun mengandung kalori. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyesuaikan kontrol porsi sesuai kebutuhan tubuh Anda sehingga Anda tidak akan kelebihan kalori. Ukuran porsi yang tepat adalah setengah hingga satu cangkir, yang biasanya mengandung 200 kalori. Hal ini mungkin bervariasi tergantung pada jenis beras yang Anda pilih.


Padukan dengan Sayuran


Nasi diberi label sebagai makanan 'buruk' karena indeks glikemiknya yang tinggi. Ini berarti nasi akan cepat dicerna, menyebabkan lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Karenanya, Anda akan merasa lapar dalam waktu singkat, mengonsumsi lebih banyak kalori. Menggabungkannya dengan sayuran yang tinggi serat dan rendah kalori, akan membantu mengatasi lonjakan glukosa darah yang tiba-tiba ini.


Pilihlah Metode Memasak yang Sehat


Nasi sebenarnya makanan yang menyehatnya. Tetapi ketika Anda mengubahnya menjadi nasi goreng atau menambahkan mentega dan bahan lain yang tak sehat. Sebab, hal itu akan menyebabkan lemak, gula, dahal tersebut bisa berpotensi besar menambah berat badan Anda. Jadi, masaklah nasi dengan cara mengukus atau merebusnya tanpa menambahkannya dengan bahan apapun.



Share This Post
Comments

Other News

Article
10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata, Bukan Cuma Wortel

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore

Article
10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Mata, Bukan Cuma Wortel

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore

Article
Dampak Kolaborasi Klinik dan Asuransi dalam revolusi pelayanan kesehatan

Meningkatkan Akses Kesehatan dan Keberlanjutan: Pentingnya Kolaborasi Klinik dan Asuransi Dalam era